Pam Pilkades, Polres Taput Gelar Apel Pasukan ‘Operasi Mantap Huta Toba 2021’

pengamanan Pilkades Serentak

topmetro.news – Dalam rangka pengamanan Pilkades Serentak di Tapanuli Utara, ratusan personil Polri, TNI dan Satpol PP mengikuti apel gelar pasukan dengan sandi ‘Operasi Mantap Toba 2021’. Berlangsung di Lapangan Terminal Madya Tarutung, Senin (22/11/2021).

Peserta apel terdiri dari 944 personil kepolisian dan 230 personil TNI. Serta 179 personil Satuan Polisi Pamong Praja Taput.

Kapolres Taput AKBP Ronald FC Sipayung SH SIK MH yang bertindak sebagai pimpinan apel menyampaikan amanah dari Kapolda Sumut Irjen Pol.Panca Putra Simanjuntak. Antara lain untuk mengetahui sejauh mana tingkat kesiapan aparatur pemerintah dan aparat pengamanan serta kesiapan sarpras dalam pelaksanaan Pilkades.

Kata Kapolres, meskipun telah berlangsung mapping tingkat kerawanan, namun situasi dapat berubah setiap saat. Oleh karena itu perlu kecermatan selaku petugas keamanan.

Agar kegiatan pengamanan Pilkades Serentak mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif dan tidak ‘under-estimate’ terhadap situasi yang ada, maka personil pengamanan paham, kuasai, dan kerjakan dengan sungguh-sungguh apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab sesuai dengan SOP.

Penekanannya, bahwa personil pengamanan TPS harus dapat cepat beradaptasi dan kenali situasi lingkungan. Personel pengamanan harus melakukan penggalangan terhadap seluruh potensi masyarakat agar ikut berperan menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif.

“Siapkan fisik dan mental yang prima. Serta jaga kekompakan antara sesama unsur pengamanan, termasuk dengan penyelenggara Pilkades. Bertindak netral, jujur dan adil,” katanya.

Gabungan 8 Polres

Kapolres menambahkan bahwa 944 personil Polri merupakan gabungan dari delapan polres jajaran dan personil dari Polda Sumut. Yakni terdiri dari 90 personil Brimob Polda Sumut, 185 personil Bintara Remaja Polda Sumut, 104 personil Bid Samapta Polda Sumut. Kemudian, lima personil Dit Reskrim Polda Sumut dan enam personil perwira pembantu.

Selanjutnya 50 personil dari Polres Asahan, 20 Polres Sibolga, 30 Polres Padangsidimpuan, 30 Polres Tapsel, 30 Polres Simalungun, 30 Polres Tebingtinggi, 30 Polres Deli Serdang, 30 Polres Tapteng, dan 284 personil dari Polres Taput.

Tambah 230 personil dari TNI dan 179 dari Satpol PP Taput. Serta 2.000 orang petugas Panitia Pemilihan Kepala Desa dengan rincian lima per TPS.

“Jumlah keseluruhan yang akan melaksanakan penyelenggaraan dan pengamanan Pilkades Serentak wilayah Tapanuli Utara adalah sebanyak 3.353 personil untuk 200 desa dengan DPT keseluruhan 160.492 orang,” ucap Kapolres mengakhiri.

Hadir pada apel tersebut, Forkopimda dan Uspika Tapanuli Utara.

reporter | Jansen Simanjuntak

Related posts

Leave a Comment